Kolam Ikan Mini Menambah Keasrian Rumah

Suasana sebuah rumah memang tergantung kepada sang pemilik. Bila menginginkan suasana teduh, maka yang dapat dilakukan adalah dengan menanam beberapa jenis pohon-pohon rindang disekitar rumah. Tentu saja penataan dalam menanam juga mesti diperhatikan, sehingga tidak terkesan berantakan.

Dewasa ini, banyak orang menginginkan suasana rumah yang secara fisik dapat menciptakan keasrian didalamnya. Karena, suasana asri dapat menciptakan pengaruh terhadap kejiwaan sang pemilik rumah. Sebut saja misalnya Irwan. Bapak 2 anak ini merasa tentram dengan kehadiran kolam ikan berukuran mini di belakang rumahnya.

Awalnya, pegawai swasta yang bekerja di Jakarta ini kebingungan memanfaatkan lahan kosong dibelakang rumahnya. Hanya saja, dengan berbekal referensi dari berbagai literatur, akhirnya ia pun mendapatkan ide membangun sebuah kolam ikan berukuran mini. Untuk menciptakan suasana alami, kolam ikan mini yang berukuran 2 X 2 meter ini dilengkapi dengan air terjun buatan. “Suara gemercik air terjun menghilangkan kejenuhan dan kepenatan,” katanya sambil menaburkan makanan ikan kedalam kolam.

Biaya pembuatan kolam ikan ini menurutnya relatif sangat murah. “Kisaran 1 juta lebih,” jelas Irwan. Tapi menurutnya, pembuatan pembuatan kolam ikan tersebut dilakukan sendiri.

Pemilihan letak kolam memang tergantung dari lahan yang ada. Simak saja, Slamet Haryono yang bekerja di salah satu instansi pemerintah, memanfaatkan lahan samping rumahnya untuk kolam ikan bernuansa taman. Kolam ikannya berada ditengah taman yang ditumbuhi tanaman seperti cemara dan jenis tanaman berbunga lainnya. Setengah sudut kolam tamannya dibangun air terjun yang memiliki 4 tingkat. Kolam ikan bernuasa tamannya ini berukuran 6 X 4 meter.

Untuk menghidupkan suasana, dua patung burung pelikan berdiri diatas air. Bila malam tiba, lampu sorot didepan kolam tamannya dinyalakan sehingga menciptakan suasana keceriaan. Rupanya sang pemilik menganggap, kehadiran kolam bernuansa taman ini dapat menghilangan stress. “Rumah terasa adem,” akunya. Bahkan, kolam bernuansa taman ini dapat menjadi tempat rekreasi lokal.

Soal biaya pembuatan kolam plus taman ini sekitar delapan juta rupiah. Agar dimaklumi, biaya yang cukup besar itu karena pembuatannya diserahkan langsung kepada ahlinya.

Bagi siapapun yang ingin mencoba membuat kolam ikan, saran berikut ini dapat menambah referensi. Pilihlah tanaman yang tahan lingkungan seperti jenis paku-pakuan. Kesan tropis ini lebih nyata bila diikutsertakan tanaman berdaun hijau yang rimbun seperti jenis palem tertentu, bugenvil, soka, lili, hibiskus/kembang sepatu, krisan (untuk dataran tinggi).

Permukaan kolam bisa dipercantik dengan teratai kecil, rumput air atau tumbuhan lainnya. Ikan akan senang hidup dibawah tanaman air itu. Pohon yang ditanaman sekitar kolam harus tetap dijaga agar daunnya tidak masuk kedalam kolam. Bila hal tersebut terjadi daun akan busuk dan meracuni ikan, karena itu pilihlah pohon cemara atau palem. Tanaman semak seperti lantana, mawar, kana dapat ditanam sepanjang jalan menuju kolam. Tanaman merambat yang tumbuh melebar dapat membuat suasana tepi kolam itu layaknya seperti rawa dialamnya.

Membuat kolam sebenarnya bisa dilakukan oleh tukang yang ahli, tapi usahakan seluruh ide dan disainnya dari kita sendiri. Alasannya sederhana, agar lebih sesuai selera. Jangan tunda lagi, agar slogan “rumahku adalah sorgaku” menjadi kenyataan.

Rusman

Pernah dipublikasikan di http://www.bpexp.com/ juli 2006

About these ads

2 Komentar

Filed under Properti

2 responses to “Kolam Ikan Mini Menambah Keasrian Rumah

  1. Ulasannya menarik.tapi,tolong dong foto2 tamannya agar ditampilkan lebih banyak.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s