Dapur, Dari Fungsi, Bentuk hingga Feng Shui

Dapur merupakan bagian ruangan dari sebuah rumah. Dapur biasanya terletak di bagian belakang rumah. Namun, bukan berarti dapur menjadi tidak penting. Dapur yang indah dan bersih merupakan idaman setiap keluarga. Bahkan, banyak orang yang menjadikan dapur sebagai ‘penghias’ rumah.

Fungsi Dapur
Harus diakui fungsi utama sebuah dapur adalah tempat untuk memasak. Belakangan oleh sebagian orang, fungsi dapur tidak hanya dibatasi sebagai tempat untuk memasak saja. Saat ini banyak orang “menyulap” dapurnya, selain menjadi tempat menyimpan sembako, dapur juga dijadikan tempat bersosialisasi dengan santai diantara anggota keluarga.
Agar terjaganya suasana santai tersebut, keindahan, kebersihan dan kerapihan dapur mesti benar-benar diperhatikan. Karena banyak orang berpendapat, dapur bisa menjadi cermin diri si pemilik rumah. Apakah ia si pencinta keindahan, kebersihan, atau kerapihan.
Merencanakan Membuat Dapur

Merencanakan membangun atau merenovasi sebuah dapur memerlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat. Seringkali seseorang dipusingkan ketika akan merencanakan membuat dapur yang pas untuk rumahnya. Kadangkala aspek selera dan fleksibelitas menjadi rujukan yang mesti diperhatikan.

Ada beberapa aspek yang mesti diperhatikan sebelum membuat dapur atau kitchen set. Diantaranya, luas ruangan dapur, pemilihan bentuk dan ukuran lemari, meja, laci, dan rak. Selain itu, juga perlu diperhatikan warna, corak, motif, ornamen dekoratif, dan finishing yang didukung oleh teknologi canggih dan teruji. Karena aspek tersebut akan memenuhi unsur kenyamanan dan keindahan sebuah dapur. Kriteria atas kualitas dari kitchen set mesti dipenuhi, diantaranya harus tahan lama, tahan air, dan anti gores.

Feng Shui Dapur

Feng Shui dapur dapat dikaitkan dengan keberuntungan keluarga. Feng Shui dapur juga dapat mempengaruhi kekayaan penghuninya. Bila dapur ditempatkan dengan benar di bagian dalam rumah, dapur tidak hanya menarik kemakmuran untuk keluarga tetapi juga melindungi dari kerugian yang membawa nasib buruk. Dapur tidak boleh ditempatkan di pusat rumah.

Lokasi terbaik adalah di sebelah kanan atau belakang rumah. Jika rumah memiliki lantai basement, dapur tidak boleh diletakkan di basement tersebut, karena hal itu akan menyebabkan luka serius atau kemalangan bagi ibu keluarga.

Apapun, Feng Shui ini belum sepenuhnya dapat dijadikan pijakan. Yang terpenting sikap bijaksana harus tetap dijaga, yaitu menjaga ruangan dapur agar tetap indah, bersih, dan rapih.

rusman

*disarikan dari berbagai sumber
tulisan ini pernah dipublikasikan di www.bpexp.com pada bulan mei 2006
About these ads

1 Komentar

Filed under Properti

One response to “Dapur, Dari Fungsi, Bentuk hingga Feng Shui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s