Atasi Touchpad Mouse netbook Acer Aspire One Tidak Berfungsi

Saya agak sedikit dipusingkan dengan kasus yang dialami Haikal, putera saya. Pasalnya, dia mengeluh kalau Touchpad Mouse netbook-nya ga berfungsi.

Browsing sana-sani, gak dapat solusi. Malahan beberapa blog yang dikunjungi mengajurkan saran-saran yang mengerikan. Disuruh delete di-software touchpadnya lah, wah macam-macam. Pokoknya bikin  bingung.

Nah, bagi yang punya netbook yang sejenis jangan panik bila Touchpad tidak berfungsi saat netbook dinyalakan saat  masuk Windows XP, cursor mouse tidak bergerak saat jari telunjuk menelusuri touchpad netbook.

Teorinya,  tidak berfungsinya Touchpad tersebut diantaranya, Settingan Periperal Device pada BIOS, Driver Touchpad belum terinstall, Ada Shortcut pada Keyboard yang berfungsi untuk menonaktifkan Touchpad, atau Touchpad memang benar-benar rusak secara fisik.

Terus terang saya juga baru mengalami kasus demikian simple, dan sempat bingung juga. Karena setelah saya cek settingan BIOS normal, Driver sudah terinstall dengan baik, kondisi software juga baik. “Walah bagaimana nih,” ucap saya dalam hati sambil garuk-garuk kepala.

Saat masih bingung itu, tanpa sengaja memperhatikan dengan seksama keyboard pada netbook si Haikal ini,  eh ternyata ada sebuah simbol yang kalau diartikan adalah berfungsi untuk enable/ disable fungsi Touchpad!. Kalo di netbook Acer Aspire One ini posisinya berada di jajaran atas F7, bergambar “tangan menunjuk mouse”.

Dan Bismillah, tekan shortcut tombol itu, tentu sambil tekan fn+F7. Alhamdulillah, Touchpad sudah dapat berfungsi kembali. Saking senangnya, saya panggil Haikal. Ya ampun, rupanya dia sudah tertidur lelap dibelakang saya. Ya sudah besok pagi pastinya Haikal senang touchpad mousenya normal kembali. Kasihan dia kalo lagi malas pake mouse optiknya yang berbentuk mobil balap.

“Sekarang kamu sudah bisa ya nak, pake dua mouse, yang optik dan touchpadnya,” sambil saya cium kening Haikal disaat lelap tidurnya.

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Teknologi Informasi. Tandai permalink.

48 Balasan ke Atasi Touchpad Mouse netbook Acer Aspire One Tidak Berfungsi

  1. ari berkata:

    Alhamdulillah tips dan trik Yang bermanfaat sangat membantu thanks

  2. MF berkata:

    makasi banyak gan, bermanfaat sekali (y)

  3. Pangeran Kodok berkata:

    tidak bisa menyentuh tekan OK hanya bisa bergeser aja..??
    bantuin gan

  4. hermawan berkata:

    matur nuwun sanget alias terima kasih banyak gan

  5. thanks banget bro. sempet panik, padahal uda di-install driver-nya

    follow: @FaktaTakBiasa

    Kunjungi: rochmany.blogspot.com

  6. jeje berkata:

    wah, saya hampir kebingungan, saya mengira hardware netbook saya yang bermasalah/ rusak, hampir saya bawa ke tempat service..
    terima kasih atas informasi’y..

    bagaimana mengatasi netbook yang sbntr2 bs msuk ke LCD sbntr2 tdk, sbntr msuk sbntr2 td. bgmana mngtsi’y ?

  7. Terimakasih sudah membantu.

  8. isdan examo berkata:

    alhamdulillah terimakahis banyak ya. jadi ke bantu

  9. zulkhairi berkata:

    thank’s ya Saudara ku emang sanggat membantu…….

  10. Emi Salpiati berkata:

    Alhamdulillah, sangat membantu. Terima kasih, postingnya sangat bermanfaat.

  11. Hehe, saya juga luput lihat tombol f7 nya,. saya kira touchpad nya rusak..

  12. hendrik berkata:

    salam super bro….be a
    goodman always

  13. ve berkata:

    tq so much… udah aja saya beli mouse mau ikutin katanya yang agak ribet di web… eh ketemu tipsx… langsung bisaaa………………. hampir putus assssaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………. hi. hi

  14. ahmad berkata:

    alhamdulillah…. saya samapai kebingungan kang, ini touchpad kenapa, kirain hardwarenya. aduuuuuhhhh ternyata fn+f7.
    terimakasih kang. jazakawloh khoiron katsiiron

  15. anggi berkata:

    gan, knp ya …fn d keyboard sllu aktif pdahal tdk saya tekan? jd saya susah ngetik

  16. Setiawan berkata:

    Okeh mksih bnyak bos hehe jadi bisa di pake lgi ini netbok, smoga blog nya tmbah maju yoh

  17. idoh faridoh berkata:

    waaahhh makasih pa, saya juga mengalami seperti itu ternyata browsing” nemu juga, padahal netbook saya baru tapi begitu, ternyataaa.
    sekali lagi makasih paa, turut senang

  18. ran berkata:

    kalau untuk acer one 10 bagaimana ya?

  19. iam berkata:

    thank gan….

  20. riezha berkata:

    mantap

  21. martin rahman berkata:

    Terima kasih..postingan yang bermanfaat..Jazakumullahu Khairan.

  22. Agustinus berkata:

    Makasih, solusinya sederhana setelah menginstal macam2 driver pada Acer R11. Akhirnya berhasil nyala dengan tips yg sangat sederhana.

  23. 20november1987 berkata:

    sangat membantu gan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  24. m reza berkata:

    Trims… Mas bro tas solusi nya, berkat anda saya udah bisa kerja lg…. Sekali lg matursuon….

  25. GUSTI berkata:

    tnks!!!

  26. terimakasih,, infonya… saya panik, sampe instal ulang netbook ni gara2 track mous nya ga jalan.. hihihi

  27. cecep joe berkata:

    solusi yang simple n ber manfaat… sukses slalu

  28. irfan berkata:

    setelah bertahun tahun g pake aspire one dikarenkan pad nya g jalan ……eh ternyata….cring…..subhannalloh…….semoga atas kebaikan berbagi ilmu nya ini dibalas dengan kebaikan yang berlipat lipat ……….aamiin…………

  29. Klik Lokasi berkata:

    Ternyata cuma sepele tekan Fn+F7, langsung bisa jalan… Padahal udah pusing2, install ulang OS, install ulang driver… Tetep sama aja ga jalan, ternyata hanya tekan tombol shortcut bawaan acer… Makasih om infonya…

  30. baba berkata:

    assalamualaiku,
    Mungkin Mas g tau nahwa tulisan mas sangat manfaat, sudah bolak balik di servis. rupanya haya itu. trimakasih banyak

  31. Maulana Ahmad berkata:

    Trmksh pak roeshman, doa² kebaikan utk anda sekeluarga.. stlh baca artikel bpk & berhasil praktekin, tetep aja sy ga tega utk mengecup kening sahabat kampus sy sperti yg bpk lakukan ke haikal, krn dia seorang pria sperti saya.. 😂 nuhunnn pak..

Tinggalkan komentar