Cara Mengatasi Dinding Retak

Dinding atau tembok merupakan bagian terpenting dari sebuah rumah. Namun terkadang kita terusik dengan kondisi dinding yang kurang baik. Sebut saja dinding yang terlihat retak-retak. Bagi sebagian orang, dinding yang retak tersebut dapat merusak keindahan rumah.
Dinding yang retak pada rumah sering berupa retak kecil dan retak besar. Dinding yang retak seperti rambut, biasanya retak-retak tersebut terjadi pada bagian luar dinding, dan tidak sampai ke pasangan batu bata pada bagian dalam dinding. Biasanya, kesalahan teknis pada pekerjaan plesteran yang sering menjadi penyebabnya.
Saat plesteran belum kering benar sudah langsung dilapisi acian semen yang mengering sangat cepat, sementara plesteran sebelumnya belum kering benar. Hal inilah yang menyebabkan plesteran tersebut menyusut dan acian semen yang sudah kering tertarik dan menjadi pecah.
Keretakan pada dinding juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor alam, misalnya gempa bumi dan perubahan cuaca lainnya. Jika plesteran dinding dilakukan pada saat terik matahari atau angin bertiup kencang, maka itu akan menyebabkan proses pengeringan terlalu cepat sekaligus keretakan pada dinding.
Untuk itu sebaiknya dinding yang akan di plester harus dipertahankan kelembabannya. Hal ini dapat dilakukan ketika permulaan pengeringan harus disemprotkan air pada permukaan dinding tersebut untuk menghindari pengeringan yang terlalu cepat.
Apapun hal diatas adalah sebagian penyebab dari terjadinya retak pada dinding. Namun, bila dinding rumah mengalami retak rambut, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini:
1. Siapkan peralatan, amplas, dempul tembok, dan cat yang sewarna.
2. Korek atau buat retak-retak halus tersebut lebih dalam, namun jangan terlalu dalam.
3. Masukkan dempul untuk menambal keretakan.
4. Selanjutnya haluskan dengan amplas.
5. Bagian yang sudah didempul itu kemudian dicat kembali. Hasilnya, dinding yang mengalami retak akan kembali rapat dan tidak meninggalkan bekas.
6. Selamat mencoba.

rusman

*Disarikan dari berbagai sumber
tulisan ini pernah dipublikasikan di http://www.bpexp.com/ pada bulan agustus 2006

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Properti. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s