It’s not just a map but part of life

Bagi Anda yang suka berkunjung ke toko buku, jangan segan-segan untuk singgah ke counter yang menyajikan buku-buku peta. Pasalnya, Anda akan menjumpai beragam jenis buku peta. Mulai buku peta yang sederhana hingga buku peta yang memuat informasi lengkap.

Dan bila Anda sedikit teliti, Anda akan menemukan satu buku peta yang menarik untuk dilihat, sebuah buku Peta Jalan Bandung Raya 2 (PJBR 2). Covernya tebal, dengan latar belakang berwarna hijau dove disertai gambar sebuah kaca spion mobil. Sekilas memunculkan kesan buku peta yang unik dan eksklusif.

Rupanya sang penerbit, PT Damai Insan Citra memiliki konsep yang kuat agar karyanya itu dimiliki oleh banyak khalayak. Terutama bagi para pemilik kendaraan di kota Bandung dan sekitarnya. Bahkan bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan jalan-jalan.

Jadi tak heran bila perusahaan yang bermarkas di Kota kembang ini menonjolkan gambar kaca spion mobil, dengan background peta pada covernya. “Kaca spion memiliki fungsi untuk memudahkan bagi pengendaranya,” begitulah kira-kira PT Damai Insan Citra mengibaratkannya.

Lebih menariknya lagi bila melihat lembar demi lembar ke dalam buku PJBR 2 ini. Ternyata, buku peta jalan ini tidak hanya berisi informasi lebih dari 12.000 nama jalan saja. Lebih dari itu, mulai dari informasi lokasi-lokasi penting, seperti komplek-komplek perumahan, lokasi pengisi bahan bakar alias SPBU, kantor polisi hingga lokasi rumah sakit yang ada di kotamadya Bandung dan daerah penyangga penting lainnya, seperti Padalarang, Lembang, Jatinangor, Majalaya dan Soreang termuat dalam satu buku PJBR edisi 2 ini.

Buku peta jalan hasil karya anak negeri ini juga menginformasikan lokasi kantor-kantor pelayanan umum, seperti kantor tempat layanan listrik, Perusahaan Daerah Air Minum, Pos dan Giro, kantor-kantor pemerintahan serta tempat-tempat penting lainnya. Agaknya, informasi yang tertera dalam buku PJBR 2 ini semakin memperkokoh keinginan bagi sang penerbit untuk menguatkan misinya: “Menjadikan peta sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.” Jadi siapa yang tak akan tertarik untuk memiliki?

rusman

*Adventorial ini dibuat ketika sedang “membantu” PT. Damai Insan Citra, Bandung dan dimuat dimajalah SWA pada tahun 2005

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Adventorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s