Tips Sebelum Membeli Ubin Keramik

Ubin Keramik merupakan salah satu aksesoris rumah. Dengan pemilihan ubin keramik yang tepat tentu akan memperindah rumah. Dalam pemilihan keramik yang akan dipasang, Anda harus mempertimbangkan ukuran, warna dan bentuk keramik serta di mana keramik tersebut akan dipasang. Karena ubin keramik terdiri dari beraneka ukuran, warna, bentuk dan tampilan permukaan.

Setidaknya ada 2 (dua) hal yang mesti ditimbangkan dalam memilih keramik. Pertama, apakah Anda membutuhkan keramik hanya untuk bagian penghias ruangan ataukah hanya dibutuhkan untuk pemakaian pada ruang dengan mobilitas penghuninya yang tinggi. Kedua, apakah Anda menginginkan keramik dengan nuansa cerah ataukah nuansa sejuk.

Tempat di mana keramik akan dipasang juga harus diperhatikan. Pasalnya, pemakaian keramik di kamar mandi tentunya berbeda dengan kebutuhan keramik di ruang tamu. Untuk itu, sebelum membeli ubin keramik perlu dipertimbangkan secara matang.
Berikut ini beberapa tips yang dapat menjadi reprensi sebelum membeli ubin keramik:

1. Hitung secara cermat berapa ubin keramik yang akan dibutuhkan. Bila perlu gambar desain untuk membantu Anda menghitung secara detail.
2. Kebanyakan toko atau outlet memiliki katalog produk. Anda bisa mengunjungi toko atau outlet tersebut untuk melihat dan memilih motif-motif yang diinginkan. Namun, mungkin saja toko atau outlet tersebut tidak memiliki stok untuk beberapa motif tertentu. Bila itu terjadi, Anda harus menunggu beberapa lama sampai motif tersebut diproduksi.
3. Lebihkan jumlah ubin yang Anda beli (biasanya sebanyak 5%). Kelebihan tersebut sebagai cadangan apabila selama proses pemasangan ada ubin yang rusak dan juga sebagai cadangan apabila ada kerusakan di kemudian hari.
4. Pada waktu penerimaan barang, pastikan ubin keramik yang Anda beli memiliki kode ukuran dan nuansa warna (tonality) yang sama. Hal ini untuk memastikan Anda mendapatkan ubin yang relatif seragam.

rusman

*disarikan dari berbagai sumber
tulisan ini pernah dipublikasikan di www.bpexp.com pada bulan juli 2006

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Properti. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s