Panduan Sederhana Memilih Lokasi Perumahan

Bagi sebagian orang memilih lokasi perumahan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memilih lokasi perumahan memerlukan panduan atau trik tersendiri. Jangan sampai ketika kita sudah memilih lokasi perumahan, kemudian hari mendapat masalah yang membuat kepala kita pusing. Apalagi saat ini, bisnis dibidang property sedang ”naik daun”. Banyak developer atau pengembang diawal promosinya sangat manis dengan janji-janji surganya. Untuk itu, jangan cepat percaya dengan isi promosi dari iklan para pengembang. Panduan dibawah ini dapat menjadi acuan kita dalam memilih lokasi perumahan:

Penentuan Lokasi

Ketika menentukan lokasi kita harus jeli mengamati pemgembangan suatu wilayah yang berkaitan erat dengan perkembangan suatu daerah. Disamping itu kita dapat melakukan survey ke lokasi.

Ada beberapa hal yang penting ketika melakukan survey, diantaranya jaringan jalan, lintasan kabel tegangan tinggi, letak sungai besar yang terdekat, letak lintasan kerata api dan yang tak kalah penting adalah melihat rencana pengembangan kota.

Legalitas

Aspek legal menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Kita dapat bertanya langsung kepada pengembang mengenai Copy Sertifikat Induk untuk lokasi perumahan yang akan dipilih. Ini dilakukan untuk memberikan kepastian tentang keabsahan kepemilikan atas tanah, yang nantinya akan dikembangkan menjadi Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGM) ataupun Sertifikat Hak Milik (SHM) atas kavling yang dipilih tersebut tidak dalam permasalahan.

Fasilitas Sarana dan Prasarana

Fasilitas sarana dan prasarana yang mesti diketahui adalah:

  1. Fasilitas Umum, seperti jalan lingkungan, saluran drainase/got air hujan, penerangan rumah dan jalan, fasilitas air minum (Jet pump/ Sumur/PAM/ pompa tangan) dan jaringan telepon.
  2. Fasilitas Sosial, seperti rumah ibadah, taman, posko keamanan, balai pertemuan warga dan lain-lain.

Kondisi Rumah

Anda harus jeli dengan informasi yang tertera dalam brosur yang diberikan pengembang. Apakah informasi yang tertera sesuai dengan keadaan rumah yang ingin dimiliki. Tentu saja Anda harus melakukan survey ke lokasi berkaitan dengan kelengkapan kondisi rumah yang akan dipilih. Berikut langkah sederhana yang dapat kita lakukan dalam kegiatan ini:

  1. Lihat bentuk rumah secara keseluruhan, misalnya apakah atapnya lurus, apakah tidak terjadi kemiringan secara keseluruhan bentuk rumah, apakah pemasangan atap dan lispang sudah benar.
  2. Lihat bagian dalam rumah, seperti apakah pintu-pintu dan jendela sudah terpasang rapi dan dapat dikunci, apakah lantai-lantai tidak pecah dan menggelembung, apakah plesteran dinding tidak terdapat keretakan-keretakan, apakah pada bagian atap tidak terdapat kebocoran, apakah kayu-kayu yang dipergunakan sebagai pendukung struktur atap tidak patah atau terserang rayap.
  3. Lakukan pengecekkan terhadap kelengkapan utilitas dan perlengkapan service didalam rumah, seperti apakah saklar-saklar listrik sudah berfungsi dengan baik, terpasang rapi dan aman dari bahaya korsleting/kebakaran, apakah keran-keran air dan saluran pembuangan di kamarmandi/wc dapat mengalir lancar, apakah talang-talang air sudah terpasang dengan rapi dan tidak terdapat kebocoran, apakah saluran air kotor dari dalam rumah dapat mengalir ke saluran drainase perumahan.

Potensi Perkembangan

Kita dapat memprediksi potensi perkembangan dari lokasi perumahan yang akan dipilih. Apakah daerah tersebut nantinya dapat berkembang menjadi kota yang ramai yang didukung dengan fasilitas pendukung lainnya. Apakah fasilitas jalan yang lebar dan lancar tidak mengalami kemacetan yang parah, adanya fasilitas pendidikan dan ibadah, adanya tempat-tempat perdagangan baru (pasar, ruko, supermarket), adanya jalur angkutan umum yang melintasi depan lokasi perumahan tersebut serta fasilitas-fasilitas penting lainnya.

Informasi lain yang mesti didapat adalah apakah lokasi perumahan tersebut kerapkali dilanda banjir karena sistem drainasenya kurang bagus, keamanan yang tidak baik dan lain sebagainya.

rusman
Pernah dipublikasikan di http://www.bpexp.com April 2006

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Properti. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s