Dunia Hari Ini: 3 November

Dimulainya Kongres Wina

197 tahun yang lalu, tanggal 3 November 1814, dimulailah Kongres Wina di kota Wina, Austria dengan dihadiri oleh para kepala negara Eropa. Kongres yang diadakan setelah kekalahan Napoleon Bonaparte, Kaisar Perancis, diadakan dengan tujuan untuk memperbaharui peta Eropa. Arsitek di balik kongres ini adalah Matternich, Kanselir Austria waktu itu. Ia bersama raja-raja despotik Eropa lainnya berkeinginan untuk sekali lagi memaksakan penerapan sistem monarkhi despotis di benua Eropa serta mengembalikan raja-raja yang sudah terguling ke posisinya semula.

Keputusan kongres Wina yang berlangsung selama setahun itu, selama beberapa dekade berlaku di Eropa, namun kemudian secara bertahap terjadilah reformasi politik dan sosial di benua ini.

Perang Heroin di Cina Meletus

172 tahun yang lalu, tanggal 3 November 1839, Perang Heroin meletus dengan adanya serangan angkatan laut Inggris terhadap kapal-kapal sipil Cina. Perang ini semakin memanas sejak bulan Juli 1840. Perang ini pecah karena tindakan Inggris yang ingin memperluas perdagangan heroin yang menggunakan wilayah Cina sebagai jalur perdagangan. Akibatnya, banyak rakyat Cina yang menjadi pecandu heroin. Pemerintah Cina kemudian membuang 20 ribu peti heroin milik pedagang Inggris ke laut dan akibatnya, meletuslah perang antara kedua pihak.

Dalam perang ini, Cina mengalami kekalahan dan terpaksa membayar ganti rugi perang yang sangat banyak kepada Inggris. Namun, Inggris masih belum puas dengan kemenangan ini karena ingin memperluas perdagangan heroinnya. Pada tahun 1856, Inggris dan Perancis kembali berniat memerangi China. Pada tahun 1860, China menyerah dan Inggris semakin leluasa melakukan perdagangan heroinnya.

Edward Branley Lahir

167 tahun yang lalu, tanggal 3 November 1844, Edward Branley, seorang ahli fisika terkenal Perancis, terlahir ke dunia. Sejak masa mudanya, ia sudah melakukan berbagai penelitian fisika. Karya besar Branley adalah penemuan telegraf tanpa kabel. Branley meninggal dunia tahun 1940.

Panama Memisahkan Diri

108 tahun yang lalu, tanggal 3 November 1903, Panama berhasil memisahkan diri dari Kolombia dan hari ini dijadikan Hari Nasional Panama. Sejak tahun 1501, Panama dijajah oleh Spanyol. Pada saat yang sama, Spanyol juga menjajah Kolombia dan negara-negara Amerika Latin lainnya. Bersamaan dengan serbuan Napoleon ke Spanyol pada awal abad ke-19, perjuangan kemerdekaan pun meletus di seluruh Amerika Latin. Pada tahun 1812, Kolombia menguasai Panama.

Pada tahun 1819, Simon Bolivar, pemimpin Kolombia memproklamirkan berdirinya republik Kolombia Raya, yang meliputi Panama. Pada tahun 1903, warga Panama berontak ketika Senat Kolombia menolak memberi izin kepada AS untuk membangun kembali Terusan Panama. Atas dukungan AS, akhirnya Panama memisahkan diri dari Kolombia dan menjadi negara merdeka. Namun akibatnya, AS selalu campur tangan dalam urusan dalam negeri republik ini.

Tentara Israel Menyerang Khan Yunes

55 tahun yang lalu, tanggal 3 November 1956, dalam era perang Mesir-Israel, tentara Israel menyerang kota Khan Yunes di Jalur Gaza dan membunuh massal warga kota itu. Setelah menduduki kota ini, tentara Israel kemudian membunuh 25 tentara Mesir. Kekejaman mereka masih belum berhenti sampai di sana, karena kemudian mereka menyerang rumah sakit kota Khan Yunes. Seluruh pasien, perawat dan para dokter di rumah sakit itu gugur syahid dalam serangan itu. Selanjutnya, tentara Israel meledakkan sebuah tempat perlindungan yang berisi puluhan wanita dan anak-anak. Secara keseluruhan, korban yang tewas dalam serangan keji Zionis ini mencapai 275 orang.(Sumber: IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s