Dunia Hari Ini: 4 November

Imperium Austria-Hongaria Menyerah

93 tahun yang lalu, tanggal 4 November 1918, seminggu sebelum berakhirnya Perang Dunia Pertama, Imperium Austria-Hongaria menyerah kepada pasukan Sekutu. Imperium yang merupakan pemicu perang ini adalah sekutu Jerman yang terpenting. Namun, karena kekalahan beruntun yang dialaminya, Imperium Austria-Hongaria akhirnya bersedia untuk menyerah dan menandatangani perjanjian Padova. Setelah perang berakhir, wilayah kekuasaan imperium ini dibagi-bagi menjadi beberapa negara dan dengan demikian berakhirlah kekuasaan kaisar dari dinasti Hansburg.

UNESCO Terbentuk
65 tahun yang lalu, tanggal 4 Nopember 1946, UNESCO dibentuk oleh 43 negara dunia. Lembaga ini bergerak di bidang ilmu, budaya, dan pendidikan. Tujuan pendirian organisasi ini adalah untuk membangun hubungan ilmu dan kebudayaan di antara berbagai negara serta menyebarkan buku-buku dalam berbagai bahasa. Dengan cara ini, diharapkan ikatan kebudayaan dunia semakin meningkat. Di antara poin penting yang tercantum dalam piagam pendirian UNESCO adalah penghormatan terhadap keadilan, pemerintahan hukum, perlindungan HAM, dan kebebasan asasi. Badan utama dalam UNESCO adalah Sekjen, Badan Pelaksana, dan Sidang Umum. Markas UNESCO terletak di Paris.

Yitzhak Rabin Terbunuh
16 tahun yang lalu, tanggal 4 Nopember 1995, Perdana Menteri Israel, Yitzak Rabin, tewas akibat dibunuh seorang Yahudi ekstrim. Rabin yang berasal dari Partai Buruh ini, menjadi Perdana Menteri Israel sejak tahun 1974 hingga 1977, namun karena skandal keuangan, ia terpaksa mundur. Pada tahun 1992, ia kembali terpilih sebagai Perdana Menteri dan aktif melakukan perundingan dengan pihak Palestina. Aktivitasnya inilah yang membuat kalangan Zionis fanatik membunuhnya. Rabin adalah seorang komandan kelompok teror Israel dan bertanggung jawab atas berbagai aksi teroris terhadap rakyat Palestina. (IRIB Indonesia)

Sumber: Irib Indonesia

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s