Dunia Hari Ini: 7 November

Deklarasi Doktrin Monroe

188 tahun yang lalu, tanggal 7 November 1823, dideklarasikan Doktrin Monroe oleh Presiden AS kelima, James Monroe. Dalam doktrin ini dinyatakan bahwa benua Amerika adalah milik bangsa-bangsa Amerika dan tidak ada pemerintahan selain bangsa Amerika yang boleh berkuasa di benua ini, terutama di Amerika Serikat. Sebaliknya, Amerika juga berjanji tidak akan mencampuri urusan Eropa. Deklarasi ini dijalankan dengan tegas oleh AS, sehingga negara-negara Eropa terpaksa menerimanya. Di dalam deklarasi ini juga sangat ditekankan mengenai pembentukan koloni baru bagi AS. Sesungguhnya, dengan dikeluarkannya deklarasi ini AS telah memonopoli penjajahan di Amerika Selatan dan Tengah untuk dirinya sendiri.

Marie Curie Lahir

144 tahun yang lalu, tanggal 7 November 1867, Maria Sklodowska yang terkenal dengan nama Marie Curie, dilahirkan di Warsawa, Polandia. Ayahnya adalah seorang guru sekolah menengah dan Marie Curie mendapat pendidikan menengah dari ayahnya sendiri. Pada tahun 1891, Marie Curie melanjutkan pendidikan ke Universitas Sorbonne, Perancis. Tiga tahun kemudian, ia bertemu dan menikah dengan Pierre Currie, seorang profesor fisika Perancis. Kedua suami istri itu kemudian bersama-sama melakukan berbagai penelitian di bidang fisika dan kimia dalam kondisi laboraturium yang sangat menyedihkan dan keuangan yang sulit.

Penemuan radioaktif oleh Henry Becquerel pada tahun 1896, telah memberi inspirasi kepada mereka berdua untuk menganalisis pemisahan plonium dan radium. Sepeninggal Pierre Curie, Marie Curie diangkat sebagai profesor di Fakultas Ilmu Sorbonne, dan menjadi wanita pertama yang meraih posisi ini. Marie Curie dianugerahi Nobel dua kali, yaitu di bidang fisika dan kimia. Ia meninggal dunia tahun 1934.

Albert Camus Lahir

98 tahun yang lalu, tanggal 7 November 1913, Albert Camus, seorang penulis terkenal Perancis, terlahir ke dunia di Aljazair. Ketika Camus berusia setahun, ayahnya meninggal dan mereka hidup dalam kemiskinan di Aljazair.

Kemampuannya yang besar memberinya kesempatan menuntut ilmu hingga ke Universitas Algeria. Setelah meraih gelar di bidang filsafat, ia pindah ke Perancis. Di sana ia aktif di bidang jurnalistik dan politik. Setelah pecah Perang Dunia II, ia mengkonsentrasikan diri di bidang penulisan dan berhasil melahirkan karya tulis yang membuatnya terkenal, di antaranya berjudul “The Stranger”, “The Plague”, dan “The Rebel”. Pada tahun 1957, Albert Camus menerima hadiah Nobel di bidang sastra. Tiga tahun kemudian, yaitu tahun 1960, dia tewas akibat kecelakaan mobil.

Perang Terusen Suez Berakhir


55 tahun yang lalu, tanggal 7 November 1956, perang Terusan Suez di Mesir berakhir atas campur tangan PBB. Perang ini dimulai dengan agresi Israel ke semenanjung Sinai dan serangan pasukan penerjun payung Inggris dan Perancis ke daerah sekitar Terusan Suez. Alasan agresi ketiga negara itu terhadap Mesir adalah karena tindakan Presiden Mesir saat itu, Gamal Abdul Naser, yang menasionalisasi Terusan Suez.(IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s