Dunia Hari Ini: 9 November

Penandatanganan Perjanjian Seville

282 tahun yang lalu, tanggal 9 November 1729, ditandatangani perjanjian Seville di kota Seville, Spanyol. Berdasarkan perjanjian ini, dua negara Perancis dan Spanyol yang memiliki perselisihan di bidang politik dan batas wilayah, akan menyingkirkan segala perselisihan mereka dan menghentikan segala klaim atas batas wilayah dan daerah jajahan mereka. Berdasarkan perjanjian ini, Perancis berjanji bahwa sejak saat itu, dalam semua perang yang melibatkan Spanyol, Perancis akan berpihak kepada Spanyol.

Ivan Turgenev Lahir

193 tahun yang lalu, tanggal 9 November 1818, Ivan Turgenev, seorang penulis novel terkenal asal Rusia, terlahir ke dunia. Dia menuntut ilmu di bidang bahasa sambil melakukan aktivitasnya di bidang sastra. Karya pertama Turgenev berjudul “Old Pine”. Di sebagian besar karya-karyanya, Turgenev menunjukkan pembelaan terhadap kebebasan dan hak-hak warga pedesaan. Oleh karena itulah, dia mendapat tekanan dari para Tzar Rusia. Turgenev kemudian hijrah ke Perancis. Karya lain dari Turgenev adalah “A Hunter Sketches” dan “Fathers and Sons”.

Muhamad Iqbal Lahore Lahir


138 tahun yang lalu, tanggal 9 November 1873, Allamah Muhammad Iqbal Lahore, penulis, pemikir, dan penyair Pakistan, terlahir ke dunia. Sejak masa remajanya, Iqbal telah menciptakan syair dan karya syair pertamanya berjudul “Rintihan Anak Yatim”. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Pakistan, Iqbal pergi ke Jerman dan Inggris selama empat tahun untuk belajar filsafat. Setelah kembali ke negaranya, Iqbal berjuang menggugah bangsanya untuk bersatu dan berupaya keras untuk mempersatukan pemikiran kaum muslimin melalui syair-syairnya, khususnya dalam bahasa Persia. Iqbal adalah seorang pejuang reformasi agama di India dan aktif memperjuangkan kemerdekaan Pakistan dari India. Iqbal banyak meninggalkan karya-karya dalam bahasa Persia dan Urdu.

Kaisar Terakhir Jerman Mengundurkan Diri

93 tahun yang lalu, tanggal 9 November 1918, menyusul kekalahan beruntun yang dialami Jermand dan Sekutu pada Perang Dunia Pertama dan meningkatnya penentangan di dalam negeri yang berakhir dengan diproklamasikannya Republik Jerman, William Dua, Kaisar terakhir dalam Imperium Jerman, mengundurkan diri. Dua hari kemudian, dia mengungsi ke Belanda dan dengan demikian, berakhirlah periode kekaisaran di Jerman. Presiden pertama Republik Jerman bernama Friedrich Ebert.

Tembok Berlin Diruntuhkan
22 tahun yang lalu, tanggal 9 November 1989, Tembok Berlin, setelah 28 tahun membagi kota ini menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur, diruntuhkan. Setelah Perang Dunia Kedua, bagian timur Jerman dikuasai oleh Soviet dan bagian baratnya dikuasai oleh Amerika, Inggris, dan Perancis. Pada tahun 1961, meningkatnya ketidaktentraman dan pelarian penduduk Jerman Timur ke Jerman Barat, membuat pemerintah Jerman Timur dan Jerman Barat khawatir. Mereka kemudian membangun Tembok Berlin dan secara bertahap, tembok ini menjadi simbol pemisahan Jerman. Namun, runtuhnya Uni Soviet yang juga mempengaruhi perkembangan di Jerman Timur, membuat rakyat kedua belah kota Berlin bersatu untuk menghancurkan tembok itu pada tahun 1989. Jerman kini menjadi sebuah negara yang bersatu. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s