Dunia Hari Ini: 12 November

Pematung Auguste Rodin Lahir

Tanggal 12 November 1840, Auguste Rodin, seorang pematung terkenal abad ke-19, terlahir ke dunia di Paris. Auguste Rodin dianggap sebagai salah satu pematung terbesar dan paling produktif abad ke-19 dan 20. Karya-karyanya sangat inovatif dan non-konvensional, sehingga awalnya ditolak oleh para kritikus senirupa Perancis.

Bertentangan dengan tradisi senirupa pada masa itu, Rodin meyakini bahwa patung haruslah merefleksikan subjek secara realistis, bukan dalam bentuk ideal. Namun akhirnya, kejeniusan Rodin dikenali oleh para kritikus dan pemerintah Perancis membeli patung “The Age of Bronze” sebagai karya pertama Rodin yang dimiliki oleh negara. Rodin meninggal dunia tahun 1917.

Bulgaria Merdeka

Tanggal 12 November 1908, Bulgaria meraih kemerdekaannya. Negara ini dijajah oleh imperium Ottoman sejak tahun 1393. Lima abad kemudian, pada tahun 1878, menyusul kekalahan Ottoman dari Rusia, Bulgaria Utara dinyatakan sebagai wilayah kerajaan yang dikuasai oleh bangsa Bulgaria, meskipun tetap di bawah pengawasan Ottoman. Sementara itu, Bulgaria Selatan tetap dikuasai oleh Ottoman.

Pada tahun 1885, Pangeran Alexander merebut kembali wilayah Bulgaria selatan dan pada tahun 1908, Bulgaria menyatakan kemerdekaannya dari Ottoman. Pada Perang Dunia Pertama dan Kedua, Bulgaria selalu bergabung dalam negara-negara axis bersama Jerman. Akibat kekalahan dalam Perang Dunia Kedua, Bulgaria dikuasai oleh Soviet dan terbentuklah pemerintahan sosialis di negara itu. Seiring dengan keruntuhan Uni Soviet di akhir dekade 1980-an, pemerintahan komunis di Bulgaria pun dihapuskan.

Pembunuhan Massal Warga Rafah

Tanggal 12 November 1956, tentara Israel melakukan pembunuhan massal di kamp pengungsian besar Palestina di kota Rafah, Jalur Gaza, Mesir. Kejahatan Zionis ini dilakukan hanya beberapa hari setelah diumumkan gencatan senjata dalam perang antara rezim ini, Inggris, dan Perancis, melawan Mesir. Dalam pembunuhan massal terhadap penghuni kamp pengungsian tersebut, tercatat 110 laki-laki, perempuan, dan anak-anak tewas dan sekitar 1000 orang lainnya luka-luka. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s