Dunia Hari Ini: 11 November

Dimulainya Pelayaran Vasco Da Gama

513 tahun yang lalu, tanggal 11 November 1498, dimulai ekspedisi laut Vasco Da Gama, seorang pelaut besar Portugis. Tujuan ekspedisi ini adalah mengelilingi benua Afrika untuk menemukan jalan menuju India. Setelah melakukan pelayaran yang lama mengelilingi Afrika, akhirnya ekspedisi ini mencapai hasilnya dengan menemukan negeri India. Keberhasilan Vasco da Gama ini memainkan peran penting dalam dimulainya penjajahan bangsa-bangsa Eropa di Asia.

Nichepore Niepce Lahir

246 tahun yang lalu, tanggal 11 November 1765, Nicephore Niepce, seorang kimiawan Perancis penemu teknik fotografi, terlahir ke dunia. Ia adalah orang pertama yang menemukan bahwa citra yang dibentuk di bawah cahaya matahari dapat dipertahankan dengan cara melapisi sebuah plat logam dengan bitumen, sebelum menempatkannya di dalam kamera obscura untuk memperpanjang usianya. Pada tahun 1829, Niepce melakukan kerjasama dengan Daguerre dan berhasil mendesain kamera foto pertama.

Berakhirnya Perang Dunia Pertama

93 tahun yang lalu, tanggal 11 November 1918, Perang Dunia Pertama diakhiri dengan penandatanganan perjanjian penghentian perang. Perang yang berlangsung sejak tahun 1914 hingga 1918 itu, terjadi antara negara-negara Sekutu yang terdiri dari Rusia, Inggris, Perancis, dan Italia melawan negara-negara Axis, yakni Jerman, Bulgaria, Ottoman, dan Imperium Austria-Hongaria. Selama perang ini, lebih dari 15 juta orang terbunuh dan 20 juta lainnya luka-luka. Selain itu, kerusakan yang dialami negara-negara yang terlibat perang, mencapai 150 milyar dolar. Setahun kemudian, negara-negara Sekutu menandatangani perjanjian Versailles yang memberikan hukuman politik, ekonomi, dan militer yang keras terhadap Jerman.

Virus Polio Ditemukan

58 tahun yang lalu, tanggal 11 November 1953, virus polio yang merupakan penyebab penyakit yang sangat berbahaya, yaitu penyakit polio, berhasil ditemukan. Virus yang lebih banyak menyerang anak-anak ini ditemukan oleh Dokter Salk. Beberapa lama kemudian, Dr. Salk berhasil menciptakan vaksin untuk melawan virus ini. Kini, di sebagian negara, penyakit polio sudah berhasil dilenyapkan dan di sebagian negara lainnya, menunjukkan penurunan.

Angola Merdeka

36 tahun yang lalu, tanggal 11 November 1975, Angola meraih kemerdekaannya dari Portugis dan hari ini dijadikan sebagai Hari Nasional Angola. Pada tahun 1483, Portugis menginjakkan kakinya ke Angola yang pada saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Kongo. Selama abad ke-16, Portugis membangun pusat-pusat perdagangan budak di sepanjang pantai Angola dan memulai imperialismenya di kawasan ini. Pada tahun-tahun pasca Perang Dunia Kedua, negara-negara Afrika mulai berjuang melepaskan diri dari penjajahan, termasuk Angola. Setelah melalui berbagai peperangan, Angola berhasil meraih kemerdekaannya pada tahun 1975.

Angola memiliki luas wilayah 1.246.700 kilometer persegi dan terletak di bagian tenggara benua Afrika, serta berbatasan dengan Kongo, Zambia, dan Namibia.

Bom Mati Syahid di Markas Serdadu Israel

29 tahun yang lalu, tanggal 11 November 1982, markas komando pasukan Israel di kota Shur di selatan Lebanon, hancur akibat aksi bom mati syahid yang dilakukan seorang pejuang muslim Libanon, Ahmad Qashir. Dalam aksi bom mati syahid ini, 89 tentara Zionis tewas dan 86 lainnya luka-luka.

Sebelumnya, tentara Israel menyerang Lebanon pada bulan Juni tahun itu dan bergerak maju hingga ke Beirut, ibukota Lebanon. Aksi militer Israel itu menyebabkan ribuan warga sipil Lebanon tewas atau luka-luka. Pada bulan September tahun ini pula, terjadi pembantaian massal terhadap warga Palestina di kamp pengungsian Shabra dan Shatila, Lebanon.

Yasser Arafat Meninggal Dunia

7 tahun yang lalu, tanggal 11 November tahun 2004, Yasser Arafat, Pemimpin Otorita Palestina dan Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) meninggal dunia. Yasser Arafat dilahirkan pada tahun 1929, sejak usia remaja ia mulai aktif melawan pendudukan Rezim Zionis Israel. Pada tahun 1946, ia hijrah ke Mesir untuk melanjutkan studinya di Cairo University, dan dalam jangka waktu lima tahun, ia telah menamatkan kuliahnya di jurusan arsitektur.

Pada tahun 1965, Arafat kembali ke Palestina, kemudian ia mendirikan gerakan Fatah untuk melawan Rezim Zionis Israel. Empat tahun kemudian, ia duduk sebagai ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) hingga akhir hayatnya. Organisasi ini merupakan afiliasi dari beberapa organisasi lain yang ada di Palestina.

Selama dekade 1970-an, Arafat aktif memimpin gerakan melawan Tel Aviv. Akan tetapi pada tahun 1982, setelah Rezim Zionis Israel menggempur Lebanon, Arafat mengeluarkan perintah kepada pasukannya untuk menarik diri ke wilayah Tunisia. Aksi ini praktis menandai berakhirnya perlawanan bersenjata PLO terhadap Rezim Zionis Israel.

Pada tahun 1988, Arafat secara resmi mengakui keberadaan Rezim Zionis Israel, dan tiga tahun kemudian, ia memulai perundingan damai dengan Tel Aviv. Dan pada tahun 1993, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Rezim Zionis Israel menandatangani kesepakatan damai Oslo. Karena Rezim ini tidak komitmen dengan kesepakatan-kesepakatan yang mereka buat, akhirnya pada tahun 2000, rakyat Palestina mendeklarasikan dimulainya Intifada masjid al-Aqsa.

Sejak tahun 2002, Rezim Zionis Israel memberlakukan tahanan kota kepada Arafat, dan ia dilarang keluar dari kota Ramallah Tepi Barat Sungai Jordan. Akan tetapi, karena menderita sakit parah, akhirnya ia dilarikan ke Paris untuk menjalani perawatan. Setelah dua pekan dirawat, pada tahun 2002, Arafat meninggal dunia di rumah sakit dalam usia 75 tahun. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s