Dunia Hari Ini: 14 November

Ekuador Ditemukan

Tanggal 14 November 1533, Ekuador ditemukan oleh para petualang Spanyol dan dijadikan sebagai jajahan Spanyol. Setelah tiga abad dijajah oleh Spanyol, akhirnya pada tahun 1822, perjuangan kemerdekaan rakyat Ekuador di bawah pimpinan Simon Bolivier, mencapai hasilnya dan Ekuador bergabung ke dalam Federasi Kolombia Raya. Namun, federasi ini tidak berdiri lama dan pada tahun 1830 dibubarkan dan masing-masing anggotanya mendirikan negara independen, termasuk Ekuador. Ekuador memiliki luas wilayah 283.561 kilometer persegi dan berbatasan dengan Kolombia dan Peru.

Wilhelm Leibniz Meninggal Dunia

Tanggal 14 November 1716, Wilhelm Leibniz, matematikawan dan filsuf Jerman, meninggal dunia pada usia 70 tahun. Ia dilahirkan pada tahun 1646 dan sejak usia 15 tahun dia telah serius melakukan penelaahan dan penelitian di bidang matematika dan filsafat, sampai akhirnya berhasil meraih gelar doktor. Leibniz pada tahun 1676 menemukan prinsip penghitungan differensial dan kalkulus integral sehingga menempatkan namanya di antara matematikawan besar dunia.

Kelahiran Jawaharlal Nehru

Tanggal 14 November 1889, Jawaharlal Nehru, salah satu pemimpin besar perjuangan rakyat India dalam melawan penjajahan Inggris, terlahir ke dunia di kota Allahabad, India utara. Nehru adalah lulusan pendidikan tinggi di bidang hukum dan dengan menjadi anggota gerakan Kebangitan Nasional India, dia memulai perjuangannya melawan penjajahan Inggris. Akibat aktivitasnya itu, Nehru berkali-kali dipenjarakan. Selama di penjara, Nehru melahirkan karya berjudul “Hidupku”, “Meninjau Sejarah Dunia”, dan “Penemuan India”.

Setelah bergabungnya Mahatma Gandhi dalam Kebangitan Nasional India, gerakan perjuangan rakyat India semakin kuat dengan dipimpin oleh kedua pemimpin besar itu. Akhirnya, pada bulan Agustus 1947, India meraih kemerdekaannya. Setelah India merdeka, selama 16 tahun Nehru menjabat sebagai Perdana Menteri India. Nehru meninggal pada tahun 1960. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s