Dunia Hari Ini: 15 November

Johannes Kepler Meninggal Dunia

Tanggal 15 November 1630, Johannes Kepler, seorang astronom ternama Jerman, meninggal dunia pada usia 59 tahun. Kepler dilahirkan pada tahun 1571. Setelah menyelesaikan masa belajarnya, ia pergi ke Austria dan mengajar di negara itu. Di Austria, ia berkenalan dengan salah seorang astronom berasal dari Denmark. Sejak saat itulah Kepler mulai berminat untuk mendalami ilmu astronomi. Kepler kemudian berhasil merumuskan sebuah hukum peredaran planet-planet yang mengitari matahari. Dunia astronomi kemudian menamakan rumus yang dikemukakan Kepler itu dengan nama “Hukum Kepler”. Ia juga menulis sebuah buku berjudul “Astronomi Baru”.

Konferensi Berlin Dimulai

127 tahun yang lalu, tanggal 15 November 1884, dimulailah Konferensi Berlin di Jerman yang membahas pembagian koloni negara-negara Eropa di kawasan Afrika. Konferensi yang berlangsung hingga bulan Februari tahun berikutnya itu, dihadiri oleh Perancis, Inggris, Rusia, Belgia, Portugis, Austria, dan Jerman. Tujuan utama penyelenggaraan konferensi itu adalah untuk menyelesaikan persengketaan di antara negara-negara peserta konferensi menyangkut perluasan daerah koloninya di Afrika. Saat itu, benua Afrika dikenal sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam yang subur serta tenaga kerja orang-orang kulit hitam yang sangat murah.

Dalam konferensi itu dihasilkan kesepakatan bahwa setiap negara yang hendak memperluas daerah koloninya di Afrika diharuskan untuk memberitahu negara-negara lainnya. Namun kesepakatan konferensi ini tidak berhasil mengakhiri persaingan Negara-negara imperialis Eropa. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s