Dunia Hari Ini: 16 November

Gustav Adolph The Great Tewas

Tanggal 16 November 1632, Gustav Kedua, Raja Swedia yang terkenal dengan nama The Great Adolph tewas terbunuh. Ia dilahirkan pada tahun 1594 dan pada usia 17 tahun telah diangkat menjadi raja. Gustav Kedua terkenal karena kemenangannya dalam era perang agama yang berlangsung selama 30 tahun di antara kaum Protestan dan Katolik sejak tahun 1618 hingga 1658. Gustav Kedua dengan dukungan Perancis berperang melawan imperium Roma dan sekutu-sekutunya demi membela kaum Protestan Jerman. Ia turun langsung ke medan perang dan menjadi panglima tentara Swedia. Dalam dua perang pertama, Gustav berhasil menang, namun pada perang ketiga, ia tewas akibat terjangan peluru. Meskipun demikian, pasukan Swedia tetap menang dalam pertempuran ini.

Serangan Perancis Ke Vietnam

Tanggal 16 November 1945Masehi, agresi militer Prancis ke Vietnam mengawali peristiwa perang berdarah dan melelahkan rakyat negara ini demi merebut kemerdekaan. Seiring satu abad penjajahan Prancis atas Vietnam dan juga di tengah berkecamuknya perang dunia kedua, Jepang berhasil mengambil kontrol atas wilayah Vietnam. Namun pasca kekalahan Jepang dan hengkang dari Vietnam, Prancis kembali menjajah negara ini meskipun adanya kesepakatan atas kemerdekaan Vietnam. Dalam agresi kali ini, rakyat Vietnam di bawah kepemimpinan Ho Chi Minh bangkit melawan penjajahan Prancis. Setelah rakyat Vietnam melakukan perlawanan sengit, akhirnya pada tahun 1954 tentara Prancis menuai kekalahan. Peristiwa ini mengakhiri pendudukan Prancis atas wilayah Vietnam.

Hujan Buatan (Rain Making)


Tanggal 16 November 1946 Masehi, seorang ahli meteorologi berkebangsaan Amerika, Dr. Vincent Scahaefer untuk pertama kalinya menciptakan hujan buatan. Dr. Vincent dengan dibantu oleh seorang ahli kimia Amerika, Irving Langmuir berhasil menciptakan hujan buatan. Proses pembuatan hujan ini dilakukan dengan menyebarkan gas karbonik (proses super cooling) di udara. Hujan buatan biasanya digunakan di daerah dengan curah hujan rendah. Meskipun hujan buatan telah ditemukan, akan tetapi belum dapat dipergunakan secara luas di daerah-daerah dengan curah hujan rendah, mengingat biaya produksinya tergolong besar. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s