Dunia Hari Ini: 17 November

Giuseppe Verdi Gelar Opera Pertamanya

Tanggal 17 November 1839, komposer Italia terkenal, Giuseppe Verdi, melaksanakan opera pertamanya yang berjudul Oberto, Conte Di San Bonifacio di Milan. Giuseppe Verdi dilahirkan di Le Roncole, Italia pada tahun 1813. Sejak kecil, ia telah menunjukkan bakat musiknya dan pada usia 18 tahun, ia dikirim ke Milan untuk belajar di Milan Conservatory. Namun, ia ditolak oleh sekolah tersebut karena usianya telah melewati batas. Verdi kemudian belajar musik dari Vincenzo Lavigna di La Scala, Italia.

Terusan Suez Diresmikan


Tanggal 17 November 1869, Terusan Suez yang menghubungkan laut Mediterania dengan Laut Merah, resmi dibuka. Pembangunan terusan ini dipimpin oleh seorang insinyur Perancis bernama Ferdinand De Lesseps dan memakan waktu 10 tahun. Panjang terusan ini mencapai 168 kilometer dengan lebar antara 120 hingga 200 meter. Beberapa abad sebelumnya, langkah-langkah untuk membuka jalan air di antara kedua laut itu, telah dilakukan oleh Raja Dariush dari Iran dan sebagian raja-raja Mesir. Hal ini menunjukkan posisi penting terusan yang menghubungkan benua Eropa dengan Asia ini.

Konferensi Kairo

Tanggal 17 November 1943, diadakan Konferensi Kairo di Mesir, yang merupakan salah satu konferensi terpenting pada era Perang Dunia Kedua. Konferensi ini diadakan oleh para pemimpin negara-negara Sekutu dan dihadiri oleh Presiden AS dan China, serta Perdana Menteri Inggris. Di antara keputusan yang diperoleh dalam konferensi ini adalah pemberian kemerdekaan kepada Korea.

SCIRI Didirikan untuk Melawan Rezim Saddam


Tanggal 17 November 1982, dibentuklah Dewan Tertinggi Revolusi Islam Irak (SCIRI) yang terdiri dari partai-partai dan kelompok-kelompok Islam yang menentang Rezim Saddam. Tujuan pembentukan Dewan ini adalah untuk menyelamatkan rakyat Irak dari cengkeraman kezaliman rezim Saddam dan mendirikan pemerintahan yang berasaskan suara dari rakyat. Dengan memanfaatkan periode invasi Irak ke Iran, dewan ini berhasil memberikan pukulan telak terhadap rezim Saddam.

Pasca perang Irak-Iran, kelompok oposisi terbesar Irak ini terus melakukan aktivitas politik dan militernya. Menyusul invasi Amerikayang menggulingkan Saddam Husein pada bulan Maret 2003, dewan ini masuk ke Irak dan melakukan aktivitasnya di dalam negeri. Pada bulan Agustus 2003, Ayatollah Baqir al-Hakim, pemimpin dewan, gugur syahid akibat ledakan bom di depan kompleks Masjid Imam Ali, di kota Najaf. Namun, majelis ini tetap maju berjuang untuk mengusir pasukan agresor dari negeri mereka dan membentuk pemerintahan Irak yang independen. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s