Dunia Hari Ini: 18 November

Rakyat Aljazair Mulai Perjuangan Periode Kedua

Tanggal 18 November 1839, dimulailah periode kedua perjuangan rakyat Aljazair melawan penjajahan Perancis dengan dipimpin oleh Abdul Qadir bin Mahyud-Din. Pada tahun 1830, Perancis menyerang Aljazair dengan tujuan untuk menguasai negeri ini. Abdul Qadir dengan 50 ribu pasukannya berjuang hingga tahun 1847, namun akhirnya mengalami kekalahan dan dia ditawan oleh tentara Perancis. Sekitar satu abad kemudian, setelah Perang Dunia Kedua, sekali lagi rakyat Aljazair memulai perjuangannya melawan penjajahan Perancis. Pada tanggal 31 Juli 1962, barulah Aljazair meraih kemerdekaannya.

Louis Daguerre Meninggal


Tanggal 18 November 1851, Louis Daguerre, pelukis, inventor, dan fisikawan Perancis, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1789 dan sepanjang umurnya, dia berhasil menciptakan berbagai peralatan. Karya Daguerr yang terpenting adalah alat potret atau kamera, yang diciptakannya bersama dengan rekannya Joseph Niepce pada tahun 1829.

Perjanjian Terusan Panama Diteken

Tanggal 18 November 1903, Perjanjian Terusan Panama ditandatangani oleh pemerintah Panama dengan AS. Berdasarkan perjanjian ini, Terusan Panama disewakan untuk selama-lamanya kepada AS dengan imbalan 10 juta dolar tunai dan 250 ribu dolar pertahun. Namun, atas tekanan dari rakyat Panama, AS terpaksa mengubah perjanjian ini. Pada tahun 1978, Presiden AS saat itu, Jimmy Carter dan Presiden Panama, Jenderal Torrijos, menandatangani perjanjian baru yang menyatakan akan mengembalikan Terusan Panama pada akhir tahun 2000.

Terusan Panama yang memiliki panjang 68 kilometer ini, merupakan penghubung antara Samudera Atlantik dengan Lautan Teduh.

Maroko meraih kemerdekaannya

Tanggal 18 November 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Pada abad ke-8, Maroko merupakan sebuah kerajaan yang menjadi bagian dari imperium Islam. Pada abad ke-15, Portugis dan Spanyol menguasai seluruh pelabuhan Maroko hingga abad ke-19. Sejak tahun 1906, dalam Konferensi Algecira, Maroko resmi dijadikan jajahan Perancis. Sejak tahun 1911, rakyat Maroko memulai perjuangan mereka melawan penjajah. Pada tahun 1953, Perancis menangkap raja Maroko, Sultan Midi Muhammad bin Yusuf dan mengucilkannya ke Madagaskar, namun dua tahun kemudian mengelamblikannya ke Maroko. Akhirnya, tahun 1956, Maroko berhasil meraih kemerdekaannya.

Kolonel Abdul Salam Arif Berkuasa di Irak

Tanggal 18 November 1963, Kolonel Abdul Salam Arif, meraih kekuasaannya di Irak melalui sebuah kudeta berdarah. Dia mengebom gedung Kementrian Pertahanan Irak dan membunuh presiden Irak saat itu, Abdul Karim Qasim. Sebelumnya, Abdul Karim Qasim berhasil menjadi presiden juga setelah melakukan kudeta berdarah yang mengakhiri sistem monarkhi di Irak. Setelah Abdul Karim Qasim meraih kekuasaan, ia menyingkirkan anggota-anggota Partai Ba’ats yang sejak bulan Februari tahun itu, menduduki pos-pos sensitif di pemerintahan.Namun, tiga tahun kemudian, Abdul Karim Qasim tewas dalam sebuah kecelakaan udara dan posisinya digantikan oleh saudaranya, Abdur-rahman Arif. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s