18 April, Einstein Meninggal

Einstein Meninggal

Siapa yang tak kenal dengan Albert Einstein? Berkat teori relativitas yang dia temukan, Einstein menjadi ilmuwan kondang dan paling berpengaruh di abad ke-20. Bahkan kejeniusannya sering disetarakan dengan ilmuwan besar Sir Isaac Newton. Boleh jadi itu karena Einstein dinilai telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan ilmu fisika.

Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di daerah Ulm, bagian dari wilayah Wurttemberg, Jerman. Saat menginjak usia 23 tahun, Einstein yang sedang bekerja di sebuah kantor di Bern, Swiss, mulai membuat sebuah karya ilmiah fisika yang dikerjakannya di waktu senggang.Tiga tahun kemudian, tepatnya 1905, Einstein berhasil memublikasikan karyanya mengenai teori relativitas tersebut.

Pada 1921, dia berhasil mendapatkan penghargaan Nobel berkat penemuannya di bidang efek fotoelektrik. Dua belas tahun kemudian, Einstein pindah ke Princeton, New Jersey, AS. Di situ dia bekerja pada sebuah institut pengembangan ilmu pengetahuan sampai akhir hayatnyapada 18 April 1955.

Konferensi Asia Afrika

Tanggal 18 April tahun 1955, dimulailah Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di kota Bandung. Konferensi ini berlangsung hingga tanggal 25 April 1955 dan diikuti oleh wakil dari 29 negara Asia dan Afrika. Tujuan utama konferensi ini adalah membentuk kubu kekuatan negara-negara dunia ketiga untuk menghadapi dua kubu adidaya, Barat dan Timur.

Di akhir konferensi, ditandatanganilah Deklarasi Bandung yang isinya kesepakatan untuk mengadakan kerjasama ekonomi dan budaya di antara negara-negara dunia ketiga serta mengakui adanya hak untuk menentukan nasib bangsa-bangsa Asia dan Afrika.

Selain itu, konferensi ini juga mengeluarkan resolusi menentang penjajahan, di antaranya penjajahan Perancis atas Guinea Baru. Konferensi Asia Afrika juga menjadi pendahuluan dari terbentuknya Organisasi Gerakan Non-Blok.

Zimbabwe Merdeka

Tanggal 18 April tahun 1980, Zimbabwe yang semula bernama Rhodesia Selatan, meraih kemerdekaannya. Sejak abad ke-16, Portugis telah datang ke wilayah itu dan mengeruk kekayaan bumi bangsa Zimbabwe. Kemudian, sejak tahun 1889, Cecil Rhodes mendirikan Perusahaan Dagang Inggris Afrika. Sejak tahun 1923, pemerintah Inggris secara resmi menjadikan Rhodesia Selatan sebagai tanah jajahan. Setelah berakhirnya Perang Dunia II dan melemahnya Inggris, rakyat kulit hitam Rhodesia melancarkan perlawanan sengit dan membentuk kelompok-kelompok bersenjata.

Sejak tahun 1970, dimulailah bentrokan bersenjata antara pemerintah Inggris melawan bangsa pribumi. Pada tahun 1978 pemerintahan kulit putih bersedia mundur dan pada tahun 1979 diadakan pemilu yang dimenangkan oleh partai kulit hitam. Akhirnya pada tanggal 18 April 1980, diproklamasikanlah kemerdekaan Zimbabwe.

Zionis Menyerang Qana

Tanggal 18 April tahun 1996, angkatan udara rezim Zionis menyerang markas tentara penjaga perdamaian PBB di desa Qana di selatan Lebanon. Saat itu, di markas tentara PBB tersebut terdapat ratusan rakyat sipil Lebanon yang tengah berlindung akibat penyerbuan tentara Zionis ke desa-desa mereka. Dalam serangan ini, 110 warga sipil tewas dan sejumlah lainnya terluka.

Pembunuhan massal terhadap warga sipil, yang 35 di antaranya adalah anak kecil di bawah usia 10 tahun itu, menimbulkan kemarahan internasional sehingga tentara Zionis terpaksa menghentikan aksi bombardirnya terhadap Lebanon. Namun demikian, AS tetap menolak dikeluarkannya resolusi oleh Dewan Keamanan PBB untuk mengecam pembunuhan massal oleh Zionis itu. Kemudian, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang isinya memerintahkan rezim Zionis untuk membayar ganti rugi sebesar 2,4 milyar dolar terhadap para korban, namun hingga kini tidak dibayarkan oleh Rezim Zionis.

Yamamoto Terbunuh

Isoroku Yamamoto ialah komandan Angkatan Laut Jepang selama empat tahun pertama Perang Dunia II. Secara umum ia dianggap sebagai pakar strategi perang laut Jepang teragung dan merupakan pakar strategi angkatan laut terbaik dalam sejarah. Yamamoto sebenarnya dilahirkan dengan nama Isoroku Takano. ‘Isoroku’ adalah istilah silam Jepang yang berarti ’56’, nama yang merujuk pada usia bapaknya ketika Isoroku dilahirkan. Pada 1916 ia mengganti nama belakangnya menjadi Yamamoto, sebab Yamamoto merupakan nama lama yang dihormati dalam sejarah Jepang.

Yamamoto memasuki Akademi AL di Etajima, Hiroshima, pada 1901 dan lulus pada 1904. Pada 1943, Yamamoto memutuskan melakukan lawatan pemeriksaan sepanjang Pasifik Selatan. Duta enkripsi asal NTF131755 ditujukan kepada komandan Base Unit No 1, Flotila Udara ke-11 dan Flotila Udara ke-26 yang memberi tahu rencana lawatan itu. Di dalamnya terkandung perincian mengenai tempat, waktu tolak, dan tibanya Yamamoto, termasuk juga jumlah dan jenis pesawat yang akan membawa dan mengiringinya dalam perjalanan.

Disebutkan, Yamamoto akan terbang pada 18 April ke Bougainville di Kepulauan Solomon di pesisir New Guinea dengan menggunakan Mitsubishi G4M ‘Betty’. Betty adalah pesawat pengebom bermesin kembar. Ia diiringi enam pejuang Mitsubishi Zero dan tiba pada pukul 08.00 waktu setempat. Setelah itu ia akan bertolak dengan perahu ke Kepulauan Shortland pada pukul 08.40. Isoroku tewas pada hari itu saat pesawatnya ditembak pasukan AS di atas Pulau Bougainville.

Pesawat Garros Ditembak

Roland Garros ialah seorang penerbang pesawat tempur Prancis pada Perang Dunia I. Sebelum perang, Garros dikenal sebagai penerbang terkemuka. Pada 1913, ia melakukan penerbangan nonsetop pertama menyeberangi Laut Mediterania. Tahun berikutnya, ia bergabung dengan angkatan bersenjata saat Perang Dunia I pecah. Karena menerbangkan pesawat dan menembak musuh sulit dilakukan pada waktu yang bersamaan, ia pun memasang senjata api di depan pesawatnya. Untuk melindungi baling-baling pesawat dari peluru, ia memasang pasak besi di baling-balingnya.

Sejak 1 April 1915, ia menembak jatuh tiga pesawat Jerman. Karena itu, ia segera mendapatkan reputasi yang sangat baik. Pada 18 April 1915, pesawatnya ditembak jatuh. Garros berhasil mendarat di wilayah Jerman. Setelah meneliti pesawatnya, tim yang dipimpin Anthony Fokker merancang sebuah sistem yang diperbarui yang disebut gigi pengacau.

Berkat penemuan itu, pesawat-pesawat Fokker mampu membalikkan keadaan karena dapat menembak jatuh pesawat-pesawat musuh. Garros melarikan diri dari penjara tahanan perang di Jerman pada Februari 1918 dan bergabung kembali dengan pasukan Prancis. Pada 5 Oktober 1918, ia ditembak dan tewas. (IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

2 Balasan ke 18 April, Einstein Meninggal

  1. Praktisi SEFT berkata:

    Web yang luar biasa, banyak informasi yang berguna dan menambah wawasan, Karya Bang Rusman selalu ditunggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s