29 Agustus, Sepeda Motor Dipatenkan

Sepeda Motor Dipatenkan

Sepeda motor ialah kendaraan beroda sebaris dengan jumlah dua dan tenaganya berasal dari sebuah mesin. Pada kecepatan tinggi, sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil karena gaya giroskopis. Pada kecepatan rendah, pengaturan berkelanjutan setang oleh pengendara memberikan kestabilan. Sepeda motor pertama di dunia didesain dan dirakit para penemu berkebangsaan Jerman, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, pada 1885. Kendaraan berbahan bakar minyak itu aslinya sepeda yang dilengkapi mesin dan dinamai para penemunya reitwagen.

Kendaraan tersebut dipatenkan pada 29 Agustus 1885, tetapi baru populer setelah 1910 ketika digunakan semua cabang pasukan militer selama Perang Dunia I. Kepopuleran sepeda motor menjadi tertinggal selama masa depresi hebat, tetapi kembali lagi bahkan melebihi kepopuleran sebelumnya setelah Perang Dunia II. Kendaraan yang sering diasosiasikan dengan kesan bandel itu sering digunakan untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi dan untuk perlombaan olahraga.

Uni Soviet Lakukan Ujicoba Bom Nuklir

Tanggal 29 Agustus 1949, Uni Soviet melakukan percobaan bom atomnya yang pertama secara rahasia. Dengan demikian, sejak saat itu bom atom tidak lagi hanya dikuasai oleh Amerika. Keseimbangan yang terjadi dalam persaingan senjata atom antara AS dan Rusia ini dinamakan sebagai “kesetaraan mengerikan”. Dalam situasi seperti ini, kedua belah pihak mencegah diri untuk menggunakan bom atom ini karena khawatir pihak lawan akan menyerang. Sejak saat itu pula, AS dan Uni Soviet masuk ke dalam perang propaganda. Perang ini diistilahkan sebagai Perang Dingin.

Perang yang  terjadi antara blok Barat dan blok Timur ini berlangsung hingga bubarnya Uni Soviet tahun 1991.  Meskipun dengan keruntuhan Uni Soviet ancaman terjadinya perang nuklir telah mereda, namun karena senjata nuklir masih berada di tangan AS dan Zionis, ancaman terhadap negara-negara independen dan penentang poltik perluasan kekuasaan mereka, masih terus berlanjut.

Ayatullah Muhammad Baqir Al-Hakim Syahid

Tanggal 29 Augustus 2003, Ayatullah Muhammad Baqir al-Hakim,ulama dan pejuang yang terkenal gugur syahid selepas berlangsungnya shalat Jumat di sekitar makam Imam Ali as di kota suci Najaf akibat ledakan sebuah bom. Bersamaan dengan itu 83 warga tak berdosa turut gugur syahid dan puluhan lainnya cidera.

Ayatullah Baqir al-Hakim lahir dalam sebuah keluarga pejuang dan ahli ilmu pada tahun 1939. Dia banyak memperoleh ilmu terutama dari ayah beliau Ayatullah Muhsin al-Hakim dan secara gradual turut serta dalam perjuangan melawan rezim despotik Saddam di Irak. Namun akibat kerasnya tekanan dan penumpasan yang dilakukan oleh Rezim ini, Ayatullah Muhammad Baqir Hakim memilih untuk berjuang dari luar negeri yaitu di Iran.

Pada tahun 1981 bersama dengan kumpulan dan rekan-rekan seperjuangannya, ia mendirikan Dewan Tinggi Revolusi Islam Irak. Selama 19 tahun beliau memimpin dewan tersebut, kelompok ini telah memberikan pukulan keras kepada rezim Saddam.

Ketika Amerika dan Inggris menumbangkan rezim Saddam pada bulan April 2003, Ayatullah Hakim kembali ke Irak. Tetapi musuh-musuh Ayatullah Hakim yang menganggap beliau sebagai halangan konspirasi jahat mereka berusaha mencari peluang untuk menerornya. Selain dikenal sebagai pejuang, Syahid Muhammad Baqir Hakim telah meninggalkan 40 buku dan puluhan artikel.

Katrina melanda tiga negara bagian Amerika Selatan

Tanggal 29 Agustus 2005, badai topan Katrina melanda pesisir tiga negara bagian di Amerika Selatan yang terletak di Teluk Meksiko. Rakyat di tiga negara bagian ini menjadi korban badai topan yang merupakan topan terburuk dalam satu dekade lalu. Kota New Orleans ibu kota Lousiana tenggelam dalam air. Lebih dari seribu orang tewas dan ratusan lainnya menjadi pengungsi.

Satu hal yang akan senantiasa dicatat oleh sejarah dalam bencana ini ialah sikap pemerintah Amerika yang lambat dalam memberi bantuan kepada korban. Reaksi terhadap foto-foto tragis dan memilukan para korban di kota New Orleans memberikan tamparan hebat terhadap pemerintah Gedung Putih. Pemerintah Presiden Bush pun dihadapkan dengan skandal besar dan untuk menekan kritikan publik, dia pun terpaksa menyingkirkan sejumlah pejabat tinggi AS. (IRIB Indonesia)

 

 

 

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s