Inilah Peristiwa yang Terjadi Disetiap Tanggal 1 Januari

Banyak peristiwa perting yang terjadi dibelahan dunia bertepatan dengan 1 Januari. Namun, tahukah kapan tahun baru yang jatuh setiap tanggal 1 Januari pertama kali dirayakan? Sejarahnya tanggal 1 Januari tahun 45 Sebelum Masehi (SM), untuk pertama kalinya dalam sejarah, tanggal 1 Januari dirayakan sebagai hari tahun baru. Tak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ke-7 SM.Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, ahli astronomi dari Aleksandria, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dikalkulasi sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari.

Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, ia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau July. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, yaitu Kaisar  Agustinus, menjadi bulan Agustus.

1 Januari 1804 Haiti Merdeka

Tanggal 1 Januari 1804, Haiti menjadi negara Amerika Latin pertama yang meraih kemerdekaannya. Haiti sejak abad ke-17 dijajah oleh Spanyol, kemudian berpindah ke tangan Perancis. Perancis banyak memperkerjakan budak-budak Afrika di Haiti.

Di tahun 1793, kaum budak Haiti di bawah pimpinan L’Ouverture melakukan pemberontakan melawan penjajahan Perancis.  L’Ouverture kemudian menghapuskan perbudakan di Haiti dan membuat konstitusi. Namun, ia kemudian ditangkap oleh pasukan Napoleon dan dihukum di Perancis. Perjuangannya kemudian dilanjutkan oleh Jenderal Dessalines.

Pada tahun 1804, Haiti berhasil merdeka dan Dessalines dinobatkan sebagai kaisar. Namun tak lama kemudian, Dessalines tewas dibunuh  dan sejak itu hingga kini, Haiti selalu dililit berbagai krisis politik. Pada tahun 1905-1934, Amerika Serikat menguasai Haiti, namun kemudian terpaksa angkat kaki dari sana setelah mendapatkan perlawanan rakyat. Meskipun begitu, AS tetap selalu ikut campur dalam urusan dalam negeri Haiti.

Pada tahun 1994, AS dengan 20.000 pasukannya menyerbu Haiti dengan alasan untuk membantu militer Haiti dalam menggulingkan Presiden mereka saat itu, Jean Bertrand Aristide. Hingga kini, AS masih memiliki pangkalan militer di haiti.

1 Januari 1901 Australia Merdeka

Tanggal 1 Januari 1901, para imigran Eropa di Australia meraih kemerdekaannya dari Inggris dan hari ini dijadikan sebagai hari kemerdekaan Australia. Imigran Eropa yang datang ke benua Australia adalah orang-orang Belanda, pada tahun 1606, Namun, di akhir abad ke-18, Inggris menduduki benua ini dan menjadikannya sebagai tempat pembuangan para pelaku kriminal.

Pada pertengahan abad ke-19, ditemukanlah tambang emas di Australia sehingga benua itu pun ramai didatangi para imigran. Sejak itu pula, para imigran memperjuangkan independensi mereka untuk mengatur sendiri Australia, terlepas dari kontrol Inggris. Meskipun kini Australia merupakan sebuah negara merdeka, negara ini masih tetap tergabung dalam persemakmuran Inggris.

1 Januari 1956 Sudan Merdeka

Tanggal 1 Januari 1956,  Sudan meraih kemerdekaannya dari Mesir dan Inggris. Kedua negara ini saling bersaing untuk menguasai wilayah Sudan, namun akhirnya pada tahun 1899, Inggris dan Mesir menandatangani kesepakatan mengenai penguasaan bersama atas Sudan. Atas dasar perjanjian itu, Gubernur Jenderal Sudan dipilih oleh pemerintah Mesir dengan persetujuan Inggris.

Perjanjian antara Inggris dan Mesir itu dilakukan setahun setelah ditumpasnya perjuangan rakyat Sudan di bahwa pimpinan Syaikh Muhammad bin Ahmad.  Pada pertengahan abad ke-20, semangat kemerdekaan bangsa Sudan kembali berkobar dan akhirnya pada tahun 1956, Inggris dan Mesir mengakui kemerdekaan Sudan secara resmi.

1 Januari 1959 Diktator Kuba Jenderal Batista Digulingkan

Tanggal 1 Januari 1959 revolusi Kuba meraih kemenangan dan diktator terkenal, jenderal Batista beserta antek-antek AS di negara ini kehilangan kekuasaan mereka. Kemenangan kelompok gerilyawan yang dipimpin Fidel Castro pada tahun 1959 kian menyulitkan AS karena Kuba adalah satu-satunya negara komunis di Amerika Tengah dan terletak di dekat perbatasan AS. Selain itu, Kuba juga memiliki hubungan dekat dengan Rusia.

Oleh karena itu, AS senantiasa menerapkan politik  anti pemerintahan Castro dan hingga kini hubungan kedua negara masih panas. Secara geografis Kuba terletak di Amerika tengah dan barat Samudera Atlantik serta tenggara AS. Negara ini memiliki luas wilayah lebih dari 110 ribu kilo meter persegi.

1 Januari 1984 Brunei Darussalam Merdeka

Tanggal 1 Januari 1984 Brunei Darussalam merdeka dari penjajahan Inggris. Negara kecil dan berpenduduk sedikit ini terletak di Asia Tenggara. Negara ini berada di satu pulau dengan Malaysia. Sistem pemerintahan yang diterapkan di negara ini adalah kerajaan dan secara administrasi berada di bawah kontrol Inggris. Menyusul penarikan militer Inggris dari wilayah Asia Timur, Brunei pun bebas dari penjajahan Inggris.

Mayoritas penduduk Brunei beragama Islam. Luas negara ini sekitar 5.700 kilo meter persegi dan termasuk negara kaya karena memiliki cadangan minyak dan gas yang sangat besar. (sumber: IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s