Ini yang terjadi pada 20 Januari

Banyak yang terjadi ditanggal 20 Januari diberbagai belahanan dunia, termasuk di Indonesia. Berikut peristiwa yang terjadi pada 20 Januari:

Letjend MT. Haryono Lahir

Tanggal 20 Januari 1924, Letnan Jenderal ANM. MT. Haryono dilahirkan di Surabaya. Ia kemudian bergabung dengan Pembela Tanah Air (Peta). Setelah kemerdekaan diproklamasikan MT. Haryono bersama teman-temannya turut mengambil bagian dalam merebut senjata dari tangan Jepang.

Strategi diplomasi yang dijalankan pemerintah pada masa-masa awal kemerdekaan menyebabkan seringnya perundingan dengan pihak Inggris dan Belanda. Dalam perundingan-perundingan tersebut diperlukan orang yang mahir berbahasa asing dan karena itulah kemampuan MT. Haryono terpakai.

Maret 1946 ia ditunjuk sebagai Sekretaris delegasi Indonesia dalam perundingan dengan Inggris dan Belanda di Jakarta. Setelah itu ia diangkat sebagai Sekretaris Dewan Pertahanan Negara di Yogyakarta dan kemudian pada Juli 1946 dipercayakan sebagai wakil tetap Kementrian Pertahanan urusan Gencatan Senjata. Ia dikenang sebagai Pahlawan Revolusi.

Laos Dijajah Perancis

Tanggal 20 Januari 1893, dalam periode perluasan imperialisme Perancis di Asia, Laos dimasukkan ke dalam wilayah koloni Perancis. Penjajahan itu berlangsung selama 52 tahun.

Ketika Perang Dunia Kedua akan berakhir, tentara Jepang datang dan menjajah Laos. Akan tetapi, pendudukan tentara Jepang atas Laos hanya berlangsung sebentar karena tentara Perancis kembali datang ke Laos dan berhasil memukul mundur tentara Jepang dari kawasan itu.

Tahun 1949, Laos diberi status otonomi oleh Perancis, sampai akhirnya rakyat kawasan tersebut bangkit melawan penjajah Perancis. Laos akhirnya memperoleh kemerdekaannya tahun 1953.

Musisi Jerman, Adolf Sax Meninggal Dunia

Tanggal 20 Januari tahun 1894, Adolf Sax, seorang musisi berkebangsaan Jerman meninggal dunia dalam usia 75 tahun.

Sax yang dilahirkan tahun 1819, sejak usia muda telah menunjukkan minatnya yang sangat besar di dunia musik. Ayahnya adalah seorang pembuat dan penjual alat-alat musik. Menginjak usia dewasa, Sax meneruskan profesi ayahnya, dan bahkan mampu menciptakan sebuah alat musik tiup baru yang kemudian diberi nama sesuai dengan namanya, yaitu Saxophone.

Sinematografer Italia, Federico Felini Lahir

Tanggal 20 Januari 1920, Federico Felini, seorang sinematografer terkenal Italia, terlahir ke dunia di kota Rimini. Felini memulai karirnya dengan bermain teater dan mulai terjun ke dunia perfilman pada tahun 1939. Kemajuan besar dalam karirnya dimulai ketika ia membuat naskah film “Roma, Citta Aperta” yang menjadi cikal bakal film beraliran neorelisme di Italia. Pada tahun 1950, Felini mulai menyutradarai sendiri naskah filmnya yang juga beraliran neorealisme.

Karya Felini yang terpenting dan tercatat dalam sejarah perfilman berjudul “La Dolce Vita” yang memenangkan festival film Cannes.

Edward VIII Dinobatkan

Edward hanya memerintah dari 20 Januari 1936 hingga 11 Desember 1936. Ia lalu digantikan adiknya, George VI. Setelah turun takhta, Edward menerima gelar Duke of Windsor. Edward kemudian memutuskan menikah dengan Marry Wallis Warfied Simpson, seorang janda dari Amerika. Pemerintah Inggris menolak memberikan gelar bangsawan kerajaan kepada istrinya, atau dengan kata lain, menolak mengakui sang istri sebagai permaisuri. Mereka berdua akhirnya meninggalkan Inggris dan mengasingkan diri di Amerika dan Perancis.

Arafat Terpilih Sebagai Presiden Palestina

Tanggal 20 Januari tahun 1996, Yaser Arafat, pemimpin gerakan pembebesan Palestina (PLO), terpilih sebagai Presiden Palestina dalam sebuah pemilihan umum yang diselenggarakan dengan amat terbatas dengan memperoleh 88,1 % suara. Dengan demikian, Arafat memiliki kekuasaan atas dua kawasan kecil di tanah Palestina, yaitu Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Media-media Barat menyebut peristiwa ini sebagai pemilihan presiden secara demokratis pertama bagi Bangsa Palestina. Padahal fakta menunjukkan bahwa lebih dari dua juta pengungsi di luar kawasan pendudukan, yang merupakan kelompok mayoritas Bangsa Palestina, tidak diperbolehkan untuk menggunakan hak pilihnya oleh Rezim Zionis. (sumber: IRIB Indonesia)

Tentang rusman

kenali aku apa adanya...
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s